headerfooter
jkt
Jakarta Merupakan Ibu Kota penuh dengan segala aspek ke anekaragaman ethnik, budaya dan berbagai macam visualisasi kehidupan masyarakat.
sebelumnya hanya merupakan kota yang menjadi pelabuhan pada abad 16 lalu, kini telah menjadi salah satu kota modern di dunia. Perkembangan yang terjadi begitu pesat, baik dalam segi pembangunan dimana kini berdiri bangunan-bangunan tinggi dan megah yang di jadikan pusat pusat perkantoran baik dalam sektor industri maupun jasa.

ejytentang jakarta
Budaya Jakarta merupakan budaya mestizo, atau sebuah campuran budaya dari beragam etnis. Sejak zaman Belanda, Jakarta merupakan ibu kota Indonesia yang menarik pendatang dari seluruh Nusantara. Suku-suku yang mendiami Jakarta antara lain, Jawa, Sunda, Minang, Batak, dan Bugis. Selain dari penduduk Nusantara, budaya Jakarta juga banyak menyerap dari budaya luar, seperti budaya Arab, Tiongkok, India, dan Portugal. Suku Betawi sebagai penduduk asli Jakarta agak tersingkirkan oleh penduduk pendatang. Mereka keluar dari Jakarta dan pindah ke wilayah-wilayah yang ada di provinsi Jawa Barat dan provinsi Banten. Budaya Betawi pun tersingkirkan oleh budaya lain baik dari Indonesia maupun budaya barat. Untuk melestarikan budaya Betawi, didirikanlah cagar budaya di Situ Babakan.
budayaKesenian
Seni TariSeni tari di Jakarta merupakan perpaduan antara unsur-unsur budaya masyarakat yang ada di dalamnya. Pada awalnya, seni tari di Jakarta memiliki pengaruh Sunda dan Tionghoa seperti tariannya yang memiliki corak tari Jaipong dengan kostum penari khas pemain Opera Beijing. Namun Jakarta dapat dinamakan daerah yang paling dinamis. Selain seni tari lama juga muncul seni tari dengan gaya dan koreografi yang dinamis.
kartyc
Ondel OndelSalah satu bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat adalah ondel-ondel. Ondel-ondel yang berupa boneka besar itu tingginya sekitar ± 2,5 m dengan garis tengah ± 80 cm, dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalarnnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki di cat dengan warna merah, sedang yang perempuan dicat dengan warna putih. Bentuk pertunjukan ini banyak persamaannya dengan yang terdapat di beberapa daerah lain.
Pencak SilatPencak Silat adalah jenis bela diri yang tidak hanya popular di daerah Betawi saja, namun juga di seantero nusantara. Adapun jenis-jenis silat terbagi lagi sesuai dengan daerah dimana silat tersebut dikembangkan. Berikut adalah silat yang berasal dari Betawi:1. Silat Cingkrik, Berasal dari Rawa Belong Jakarta Selatan, salah satu tokohnya adalah si Pitung. Sampai saat ini yang berkembang adalah Cingkrik Goning dan Cingkrik Sinan, keduanya dinisbatkan pada nama pewarisnya Engkong Gonin dan Engkong Sinan. Pewaris Cingkrik Goning sekarang adalah Tb.Bambang Sudrajat yang melatih di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Inadah.2. Silat Silau Macan, berasal dari Condet Jakarta Timur, tokoh yang terkenal adalah Entong Gendut, pahlawan Betawi yang melakukan pemberontakan pada masa kolonial Belanda.3. Silat Sabeni, berasal dari Tanah Abang Jakarta Pusat, silat ini didirikan oleh Babe Sabeni bin Chanam. Pewaris utama Silat Sabeni adalah Zulbachtiar Sabeni (cucu Babe Sabeni bin Chanam).4. Silat Tiga Berantai, berasal dari permainan silat tokoh sejarah Jakarta yaitu Pangeran Jayakarta.5. Silat Gerak Saka, merupakan pengembangan dari aliran silat tradisional Sunda Gerak Gulung Budiaya. Dibawa ke Jakarta oleh Raden Widarma da dilanjutkan oleh Bang Pi’i.6. Silat Paseban, diambil dari daerah Paseban Kec. Senen Jakarta Pusat, pendiri silat Paseban adalah M.Soleh.7. Silat si Kilat, aliran silat ini sesuai namanya mengandalkan gerakan serang yang sangat cepat oleh tangan.8. Silat Kancing 7 Bintang 12 Naga Berenang (Kera Sakti / si Bunder / Naga Ngerem), aliran silat ini dari Kwitang tokohnya si Gondrong Jagoan Kwitang.
Wayang BetawiSalah satu produk budaya Betawi hasil akulturasi dari budaya jawa dan Sunda adalah wayang. Namun demikian, pengaruh Sunda lebih tampak dalam kesenian ini. Mungkin secara geografis memang lebih dekat. Misalnya dalam hal penggunaan bahasa. Dalam wayang Betawi digunakan bahasa Betawi campur bahasa Sunda.Dalam dunia pewayangan Betawi dikenal dua jenis wayang: Wayang Kulit (dalang terkenal H.Surya Bonang alias Ki Dalang Bonang), serta Wayang Golek (dalang terkenal Tizar Purbaya). Umumnya wayang Betawi mengambil lakon tentang kehidupan kerajaan di dunia pewayangan. Ada pula tokoh komedi Udel (persamaan Cepot di dalam Sunda).
bnnr
engflag
Jasa Pembuatan Website By IKT